Gotong Royong Jumat Bersih, Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setda Sulbar Kompak Beraksi

Mamuju–Biro Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) kembali menunjukkan komitmennya dalam menjaga kebersihan dan kenyamanan lingkungan kantor dengan mengadakan kegiatan Jumat Bersih.

Berlangsung pada Jumat, 13 September 2024, kegiatan ini diikuti oleh Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Tidak Tetap (PTT) yang berada dalam lingkup Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setda Sulbar.

Kegiatan Jumat Bersih ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan nyaman, sekaligus membangun rasa kebersamaan di antara para pegawai. Dengan semangat gotong royong, para pegawai membersihkan seluruh area kantor, termasuk halaman, ruangan kerja, hingga fasilitas umum yang ada di dalam lingkungan Biro.

Plt. Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setda Sulbar, M. Yamin Saleh, menyampaikan bahwa kegiatan itu akan rutin dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan kualitas lingkungan kerja dan menjaga kebersihan di sekitar area kantor.

“Kebersihan adalah tanggung jawab bersama. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan lingkungan kantor akan semakin nyaman dan dapat menunjang produktivitas kita semua,” ujar Yamin Saleh.

Kegiatan ini berlangsung dengan penuh semangat dan antusiasme dari seluruh pegawai. Selain menjadi ajang untuk menjaga kebersihan, Jumat Bersih ini juga menjadi momen untuk mempererat tali silaturahmi dan meningkatkan kerja sama antarpegawai.

Jumat Bersih di Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setda Sulbar ini menjadi langkah positif dalam menciptakan lingkungan kerja yang asri, sekaligus mendukung program kebersihan pemerintah daerah.

Optimalkan Pengawasan, Biro Pengadaan Barang dan Jasa Gelar Rapat Monev Katalog Elektronik Lokal

Mamuju–Dalam rangka meningkatkan efisiensi dan akuntabilitas pengadaan barang dan jasa, Biro Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) mengadakan Rapat Monitoring dan Evaluasi (Monev) Katalog Elektronik Lokal, Rabu, 11 September 2024.

Pertemuan yang dilaksanakan di Ruang Rapat Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setda Sulbar ini, dihadiri oleh “Tim Patroli” yang bertugas memastikan kelancaran dan transparansi produk yang tayang di katalog.

Plt. Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setda Sulbar, M. Yamin Saleh, dalam arahannya menegaskan pentingnya evaluasi berkala untuk menjaga integritas proses pengadaan.

“Kami berkomitmen untuk terus menyempurnakan mekanisme patroli terhadap katalog elektronik lokal. Setiap produk yang tayang harus melalui pengawasan ketat agar sesuai dengan kebutuhan dan standar yang ditetapkan. Hal ini adalah bagian dari upaya kami untuk menjaga transparansi serta akuntabilitas pengadaan barang dan jasa di Sulbar,” tegas Yamin.

Dalam rapat tersebut, beberapa penyesuaian mekanisme patroli dibahas secara mendalam. Tim Patroli juga diberi mandat untuk proaktif dalam melaporkan evaluasi produk yang terdaftar, guna menjamin bahwa setiap item yang terdaftar sesuai dengan regulasi dan kebutuhan masyarakat.

Rapat monev ini merupakan langkah konkret Biro Pengadaan Barang dan Jasa dalam mengoptimalkan pengelolaan katalog elektronik lokal, sehingga proses pengadaan barang dan jasa dapat berjalan lebih efektif, efisien, dan sesuai dengan standar pelayanan publik yang diharapkan.

Evaluasi Kinerja Pegawai Triwulan III 2024 Biro Pengadaan Barang dan Jasa, Diharap Setiap Pegawai Mampu Tingkatkan Kedisiplinan dan Performa Kerja

Mamuju–Biro Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) melaksanakan Rapat Evaluasi Kinerja Pegawai Triwulan III Tahun 2024 pada Selasa, 10 September 2024. Kegiatan ini dipimpin langsung Plt. Kepala Biro, M. Yamin Saleh.

Pertemuan berlangsung di Ruang Rapat Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setda Sulbar. Evaluasi kinerja ini menjadi agenda penting untuk menilai capaian dan efektivitas kinerja pegawai, baik Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun Pegawai Tidak Tetap (PTT) di lingkup Biro Pengadaan Barang dan Jasa. Dalam rapat tersebut, fokus utama yang dibahas adalah tingkat kedisiplinan dan kehadiran pegawai.

Menurut M. Yamin Saleh, disiplin kehadiran menjadi salah satu indikator utama dalam menilai kinerja organisasi, terutama di instansi yang memiliki peran strategis dalam pengadaan barang dan jasa di lingkungan pemerintah.

“Kehadiran dan disiplin pegawai adalah fondasi dari kinerja yang efektif dan akuntabel. Kita harus memastikan setiap pegawai mampu berkontribusi maksimal,” ujarnya.

Selain itu, rapat ini juga membahas berbagai hal yang dapat menunjang kinerja organisasi secara keseluruhan, termasuk pengelolaan barang milik daerah, serta rencana pelaksanaan jumat bersih di area kantor.

Dengan adanya evaluasi ini, diharapkan setiap pegawai mampu meningkatkan kedisiplinan dan performa kerja demi mendukung tugas dan fungsi Biro Pengadaan Barang dan Jasa.

Biro PBJ Tanam Mangrove di Wisata Batu Lombeng, Yamin Saleh : Wujud Nyata Kepedulian Terhadap Lingkungan

Mamuju–Biro Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) turut ambil bagian dalam kegiatan “Sulbar Sepekan Menanam Mangrove” yang dilaksanakan di kawasan Wisata Batu Lombeng, Desa Lebani, Kabupaten Mamuju, Minggu 8 September 2024. Acara ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Jadi ke-20 Provinsi Sulbar tahun 2024.

Kegiatan menanam mangrove ini diikuti oleh berbagai elemen masyarakat, instansi pemerintahan, dan organisasi masyarakat dengan tujuan untuk memperkuat ekosistem pesisir Sulbar serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya pelestarian lingkungan hidup.

Biro Pengadaan Barang dan Jasa, yang dipimpin oleh Plt. Kepala Biro, M. Yamin Saleh, menyatakan bahwa partisipasi aktif dalam kegiatan penanaman mangrove merupakan bentuk komitmen nyata untuk mendukung keberlanjutan lingkungan di wilayah pesisir.

“Partisipasi kami dalam kegiatan ini adalah wujud nyata dari kepedulian terhadap lingkungan. Penanaman mangrove sangat penting, tidak hanya untuk melindungi garis pantai dari abrasi, tetapi juga untuk menjaga kelangsungan ekosistem laut yang kaya di wilayah Sulbar,” ujar M. Yamin Saleh.

Rangkaian kegiatan dalam memperingati Hari Jadi ke-20 Provinsi Sulbar tidak hanya difokuskan pada aspek pembangunan fisik, tetapi juga melibatkan upaya pelestarian alam yang berdampak jangka panjang bagi masyarakat dan lingkungan. Kegiatan yang digagas oleh Pj. Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi seluruh komponen masyarakat untuk terus peduli terhadap kelestarian alam dan lingkungan sekitar.

BIRO PENGADAAN BARANG DAN JASA PROVINSI SULAWESI BARAT GELAR EXPOSE PROGRES PENGADAAN KE-4

Biro Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Barat kembali menggelar expose progres pengadaan barang dan jasa ke-4. Kegiatan yang diselenggarakan pada Kamis, 5 September 2024 ini dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom dan mengundang Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dari 41 Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat.

Expose ini merupakan agenda rutin yang diinisiasi oleh Biro Pengadaan Barang dan Jasa guna memastikan transparansi, akuntabilitas, serta kemajuan dalam proses pengadaan barang dan jasa di lingkup pemerintah provinsi. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengevaluasi dan mempercepat pelaksanaan pengadaan dan proyek-proyek strategis yang sedang berjalan, sejalan dengan komitmen Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat dalam mendorong efektivitas dan efisiensi pengelolaan anggaran daerah.

Plt. Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa, M. Yamin Saleh, SH., M.Adm.Pemb., menekankan pentingnya peningkatan koordinasi dan komunikasi yang lebih intensif antara biro pengadaan barang dan jasa dan perangkat daerah. “Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas proses pengadaan barang dan jasa, dengan memastikan setiap langkah pengadaan dilaksanakan secara tepat waktu dan sesuai aturan. Expose ini menjadi forum penting untuk bersama-sama mengevaluasi dan mencari solusi dari setiap kendala yang dihadapi,” tegas Yamin.

Lebih lanjut, Expose kali ini juga menyoroti beberapa tantangan yang dihadapi dalam proses pengadaan, termasuk kendala teknis dan administratif yang memerlukan solusi cepat dan efektif. Semua pihak yang hadir diharapkan untuk memberikan masukan dan berdiskusi mengenai strategi untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut.

Dengan terselenggaranya expose ke-4 ini, diharapkan pengadaan barang dan jasa di lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat dapat terus berjalan secara optimal, transparan, dan akuntabel, serta mampu berkontribusi positif terhadap pembangunan di daerah.

Komitmen Tingkatkan Profesionalitas, Biro Pengadaan Barang dan Jasa Ikuti Monev IP ASN Lingkup Pemprov Sulbar

Mamuju–Biro Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan profesionalitas Aparatur Sipil Negara (ASN), dengan mengikuti kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Indeks Profesionalitas (IP) ASN Lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulbar oleh Tim Kerja Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulbar.

Monev IP ASN ini dilaksanakan di Ruang Pembuktian Cafe Project Biro Pengadaan Barang dan Jasa, pada Selasa 20 Agustus 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah provinsi dalam memastikan ASN memiliki tingkat profesionalitas yang tinggi, sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh pemerintah pusat. Dalam pertemuan ini, Tim Kerja BKD Sulbar memberikan penjelasan dan panduan kepada seluruh pegawai Biro Pengadaan Barang dan Jasa mengenai strategi dan langkah-langkah yang dapat diambil untuk memaksimalkan nilai IP ASN.

“Kami sangat mengapresiasi kehadiran Tim Kerja BKD yang telah memberikan arahan yang jelas dan terstruktur mengenai peningkatan IP ASN. Ini adalah momentum penting bagi kami untuk melakukan evaluasi internal dan memperbaiki aspek-aspek yang masih kurang, sehingga ke depan, Biro Pengadaan Barang dan Jasa dapat semakin profesional dalam melaksanakan tugas dan fungsinya,” ujar Plt. Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa, M. Yamin Saleh.

Melalui monev ini, Biro Pengadaan Barang dan Jasa berharap dapat mencapai hasil yang optimal dalam penilaian IP ASN, yang pada akhirnya akan berkontribusi pada peningkatan kualitas pelayanan publik di Sulbar.

Biro Pengadaan Barang dan Jasa Raih Juara 2 Pertandingan Sepak Takraw Putra

Mamuju–Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79, Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Pemprov Sulbar) menggelar berbagai kegiatan lomba, salah satunya adalah pertandingan sepak takraw putra. Biro Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah (Setda) Sulbar turut ambil bagian dalam ajang tersebut dan berhasil meraih Juara 2.

Pertandingan yang diadakan di Lapangan Olahraga Pemprov Sulbar ini berlangsung dengan penuh semangat dan sportifitas. Tim Sepak Takraw Biro Pengadaan Barang dan Jasa menunjukkan performa yang luar biasa sejak babak penyisihan hingga ke babak final. Meskipun harus puas di posisi kedua, pencapaian ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi tim, mengingat persaingan yang sangat ketat dengan tim-tim lain dari berbagai biro dan dinas di lingkungan Pemprov Sulbar.

Plt. Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setda Sulbar, M. Yamin Saleh menyampaikan apresiasi dan rasa bangganya terhadap tim yang telah memberikan usaha terbaik.

“Ini adalah bukti bahwa semangat kerja sama dan sportivitas yang kita bangun di lingkungan kerja juga bisa diwujudkan di lapangan. Saya sangat bangga dengan tim kita yang telah berjuang dengan penuh dedikasi,” kata Yamin Saleh, Senin 19 Agustus 2024.
.
Kegiatan olahraga ini tidak hanya sebagai ajang kompetisi, tetapi juga menjadi sarana untuk mempererat hubungan antar pegawai di lingkungan Pemprov Sulbar. Dengan semangat HUT Kemerdekaan RI ke-79, Biro Pengadaan Barang dan Jasa berkomitmen untuk terus memberikan yang terbaik, baik dalam pelayanan publik maupun dalam kegiatan lainnya.