Biro Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Barat Hadiri Asistensi Rencana Aksi RB Perangkat Daerah Tahun 2024

Biro Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Barat turut serta dalam Asistensi Rencana Aksi Reformasi Birokrasi (RB) Tahun 2024 yang digelar pada hari Selasa, 14 Mei 2024. Acara ini berlangsung di Ruang Rapat Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Barat dan dihadiri oleh tim kerja RB dari 20 perangkat daerah yang memiliki tugas dan fungsi terkait dengan pemenuhan indikator RB.

Pertemuan ini dibuka secara resmi oleh Plt. Kepala Biro Organisasi, Subuki, S.Pd., M.AP. Dalam sambutannya, Subuki menekankan pentingnya kolaborasi antar perangkat daerah untuk mencapai target-target reformasi birokrasi yang telah ditetapkan. “Kita harus memastikan setiap perangkat daerah memahami peran dan tanggung jawabnya dalam mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan. Ini adalah upaya bersama untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan efektivitas pemerintahan,” ujar Subuki.

Dalam pertemuan tersebut membahas secara mendalam rencana aksi RB Tahun 2024 yang telah disusun sebelumnya. Selain itu, evaluasi hasil pelaksanaan RB Tahun 2023 juga menjadi agenda utama. Berdasarkan evaluasi tersebut, Biro Pengadaan Barang dan Jasa mengampuh RB General dengan indikator penilaian indeks tata kelola pengadaan yang mendapat skor indeks 1.35 dari total bobot 2.5. Ini merupakan capaian yang baik, namun masih ada ruang untuk perbaikan.

“Beberapa indikator penilaian ITKP yang mendapat nilai rendah menjadi fokus kami tahun ini, salah satunya adalah metode pengadaan melalui e-purchasing. Dengan diterbitkannya Surat Edaran Gubernur Sulawesi Barat Nomor 34 Tahun 2023 tentang Pelaksanaan Tender/Seleksi Pra-DPA, Percepatan Pengadaan Barang/Jasa, Pemanfaatan Katalog Elektronik, Katalog Elektronik Lokal, Penggunaan Kontrak Elektronik, dan Penilaian Kinerja Penyedia, diharapkan dapat meningkatkan capaian ITKP kita di tahun 2024,” ujar Tim RB Biro Pengadaan Barang dan Jasa.

Biro Pengadaan Barang dan Jasa berkomitmen untuk terus berinovasi dan meningkatkan kinerja dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, dan akuntabel. Hasil dari pertemuan ini akan menjadi landasan kuat untuk langkah-langkah strategis yang akan diambil dalam melaksanakan rencana aksi RB di tahun 2024.