Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat Meraih Predikat Baik Pada Penilaian Indeks Tata Kelola Pengadaan (ITKP) Tahun 2023

Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat predikat baik dalam Penilaian Indeks Tata Kelola Pengadaan (ITKP) tahun 2023. Hasil penilaian yang dirilis oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) menunjukkan bahwa Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat berhasil mencatatkan total nilai pembobotan sebesar 89,91. Di sisi lain, Pemerintah Provinsi masih perlu meningkatkan pencapaian pada proses pemanfaatan e-purchasing dan toko daring.

Kepala Bagian Pengelola Pengadaan Barang dan Jasa, M. Yamin Saleh, SH., M.Adm.Pemb. menyatakan optimisme dalam meningkatkan nilai ITKP di masa mendatang. “Dengan upaya yang telah dilakukan dan dukungan Pimpinan seperti keluarnya Surat Edaran Gubernur Sulawesi Barat Nomor 34 Tahun 2023 terkait pemanfaatan katalog elektronik, katalog elektronik lokal serta kerja sama dari Perangkat Daerah, InsyaAllah tahun 2024 kita bisa meningkatkan pemanfaatan E-Purchasing dan Toko Daring dalam proses pengadaan. Harapn kita, tahun 2024 kita bisa mencapai nilai yang lebih tinggi dengan pelayanan yang semakin baik,” ungkapnya.

Pencapaian ini juga didukung oleh data transaksi E-katalog hingga bulan Februari 2024, yang telah mencapai angka sebesar 15 miliar. Harapannya, belanja E-Purchasing bisa semakin meningkat sesuai yang tertuang dalam Rencana Umum Pengadaan (RUP). Hal ini menunjukkan perkembangan positif dalam pemanfaatan teknologi dalam proses pengadaan barang dan jasa di Provinsi Sulawesi Barat.

Predikat baik yang diraih oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat menjadi dorongan untuk terus meningkatkan kualitas dan efisiensi dalam pengelolaan pengadaan barang dan jasa di tingkat daerah. Selain itu diharapkan hal yang sama juga dapat diwujudkan di semua UKPBJ Kabupaten se-Sulawesi Barat melalui koordinasi dan pendampingan yang efektif.