Selangkah lagi UKPBJ Sulawesi Barat Capai Level Kematangan Proaktif: UKPBJ Melakukan Rapat Teknis Upaya Peningkatan Capaian Tingkat Kematangan Organisasi

Biro Pengadaan Barang dan Jasa Provinsi Sulawesi Barat mengambil langkah proaktif dalam meningkatkan kematangan organisasi dengan menggelar rapat internal bersama tim kerja. Rapat yang dilaksanakan di Ruang Kepala Biro pada hari Selasa, 13 Februari 2024 bertujuan untuk mengevaluasi dan meningkatkan capaian tingkat kematangan organisasi dalam proses pengadaan barang dan jasa.

Tingkat kematangan organisasi merupakan instrumen pengukuran dalam melaksanakan pengelolaan kelembagaan Biro Pengadaan Barang dan Jasa yang menggambarkan kapabilitas Biro Pengadaan Barang dan Jasa dan menjadi acuan dalam upaya pengembangan/penguatan kelembagaan menuju pusat keunggulan Pengadaan Barang/Jasa.

Dalam rapat yang dipimpin oleh Kepala Bagian Pengelolaan Barang dan Jasa M. Yamin Saleh, SH., M.Adm.Pemb, hadir pula seluruh anggota tim kerja. Pada sesi diskusi membahas domain Proses, Variabel Manajemen Pengadaan belum mencapai level 3 (Proaktif) dikarenakan kurangnya bukti dukung SOP Persiapan Pengadaan, SOP Pemilihan, SOP Perencanaan, SOP Pelaksanaan Kontrak dan SOP Terintegrasi.

Sampai dengan Bulan Februari 2024, Biro Pengadaan Barang dan Jasa telah mencapai 8 dari 9 variabel untuk level 3 (proaktif). Adapun langkah yang diambil yaitu dengan mengajukan Surat Usulan Program Pembentukan Peraturan Kepala Daerah (Propemperkada) yang telah disampaikan ke Biro Hukum Setda Prov.Sulbar sebagai upaya pencapaian Tingkat kematangan organisasi 9/9 untuk level 3 (proaktif) pada triwulan kedua tahun 2024.

Kepala Bagian Pengelolaan Barang dan Jasa, M. Yamin Saleh, SH., M.Adm.Pemb,, menyatakan, “Rapat internal ini merupakan wujud komitmen kami untuk terus meningkatkan kualitas layanan yang kami berikan kepada masyarakat Sulawesi Barat. Dengan mengidentifikasi dan menyelesaikan permasalahan internal, kami yakin dapat mencapai tingkat kematangan organisasi yang lebih tinggi, sehingga mampu memberikan kontribusi yang lebih besar bagi pembangunan daerah ini.”

Rapat ini diharapkan dapat menjadi langkah yang signifikan dalam perjalanan Biro Pengadaan Barang dan Jasa menuju puncak kematangan organisasi, serta memperkuat posisi dalam mendukung pembangunan dan kemajuan wilayah Sulawesi Barat secara keseluruhan.